Free Monkey ani Cursors at www.totallyfreecursors.com
It's my blog: Penebangan Hutan Secara Liar
Annyeong Haseo ... :)

Kamis, 19 Januari 2012

Penebangan Hutan Secara Liar


Ini sih tugas bahasa Indonesia gue di sekolah. Berhubung ( cielah.. berhubung jare ) blog gue udah lama gak gue buka makanya gue posting ini aja. :D Yang kedua, emang gue gasuka liat hutan gundul akibat ulah manusia ( jiah --" sok banget yak :D ) Maka dari itu, lo lo pada harusnya ngerawat bumi kita ini. SAVE OUR EARTH :) Oke cukup basa - basinya. Monggo dibaca ...

Penebangan hutan secara liar yang dilakukan oleh tangan – tangan manusia yang tidak bertanggung jawab, tanpa sadar telah merugikan manusia. Namun, tidak banyak orang yang tahu tentang dampak negatif dari tindakan tersebut. Bencana alam datang bertubi – tubi menyerang bumi yang kian hari makin rapuh karena ulah tangan jahil manusia.

Hingga saat ini, penggundulan hutan di Indonesia menduduki peringkat ke-2 di dunia. Peringkat pertama diduduki oleh Nigeria, kedua Indonesia, ketiga Korea Utara, keempat Bolivia, kelima Papua Nugini, keenam Kongo, ketujuh Nikaragua, kedelapan Brazil, kesembilan Kamboja, dan kesepuluh Australia.

Masih banyak orang yang tidak mengetahui berbagai macam manfaat hutan, seperti :
1. Hutan adalah penghasil oksigen dan penyerap karbondoiksoda
2. Hutan mampu berperan sebagai pengatur iklim
3. Hutan menyimpan keanekaragaman hayati, baik flora maupun fauna 
4. Hutan bermanfaat menyerap air hujan sehingga mencegah banjir dan tanah longsor 
5. Hutan merupakan sumber tanaman pangan dan obat – obatan
6. Hutan menghasilkan bermacam – macam produk yang bernilai ekonomi, misalnya kayu gelondongan, rotan, damar, berbagai macam getah dan minyak

Sebab – sebab penggundulan hutan :
1.  Penebangan dalam skala yang sangat besar, baik penebangan berizin maupun penebangan liar.
2. Alih fungsi hutan menjadi lahan perkebunan
3. Aktivitas perladangan berpindah
4.  Alih fungsi hutan menjadi kawasan transmigrasi
5. Alih fungsi hutan menjadi kawasan pengembangan perkotaan


Akibat – akibat penebangan liar :
1.  Menyusutnya hutan menyebabkan suhu bumi terus meningkat
2. Suhu bumi yang naik akibat kerusakan hutan menyebabkan terjadinya kekeringan di berbagai wilayah
3. Berkurangnya hutan menyebabkan bumi mengalami perubahan iklim
4. Banyak flora dan fauna yang terancam punah 
5.  Kerusakan hutan dan pemakaian zat – zat kimia yang makin banyak membuat lapisan ozon berlubang
6. Kerusakan hutan menyebabkan bencana alam seperti banjir, dan tanah longsor
7. Kerusakan hutan menyebabkan menusia kehilangan banyak tumbuhan obat

Upaya yang perlu dilakukan untuk melestarikan hutan :
1.  Reboisasi atau penanaman kembali hutan yang gundul
2. Melarang pembabatan hutan secara sewenang – wenang
3. Menerapkan sistem tebang pilih dalam menebang pohon
4.  Menerapkan sistem tebang – tanam dalam kegiatan penebangan hutan
5.Menerapkan sanksi yang berat bagi mereka yang melanggar ketentuan mengenai pengelola hutan

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar